PSIKOBLOGI

ngobrol ngalor ngidul dengan psikologi

Hypnoteaching: Panduan untuk Menjadi Guru yang Keren! (selesai)

diposting oleh ceplukim-fpsi10 pada 04 March 2014
di Psikologi Pendidikan - 0 komentar

Keempat, penutup keren, jadilah guru keren!

Bagian terakhir juga sangat menentukan dalam suatu kegiatan. Sama halnya dengan agan ketika nonton film. Perlu ending yang luar biasa untuk menyempurnakan apakah film itu berkesan atau tidak. Keren atau biasa-biasa saja. Penutup merupakan ending dalam suatu kegiatan. Sehingga menjadi bagian wajib yang tidak boleh dilupakan.

 

Apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat penutup yang keren? Jawabannya simpel. Terlebih dahulu buatlah ringkasan (summary) dari materi yang diberikan pada pelajaran itu. Tekankan berulang-ulang, dan libatkan siswa agan untuk ikut meringkas. Setelah itu, agan bisa menyapa kembali mereka menggunakan sapaan-sapaan yang telah ane jelaskan pada artikel awal .  Terakhir, berikan kata-kata sugesti motivasi positif kepada mereka, dan berikan tepuk tangan untuk kegiatan hari itu.

 

Oke.. itulah pengalaman yang bisa ane sharingkan. Jika agan mau mencoba apa yang telah ane bagikan, silakan. Ane akan sangat senang sekali. Sila bagikan dan beritahukan apa yang bermanfaat dari artikel ini ke rekan-rekan agan. Trus kalau agan punya pengalaman juga, ane akan sangat senang hati kalau agan mau membaginya di mari. Semoga bermanfaat dan jadilah fasilitator keren!

 


 

Tulisan ini sebatas pengalaman penulis, mungkin kurang tepat jika dijadikan untuk rujukan referensi ilmiah.  Jikapun ada referensi yang digunakan dalam tulisan ini, hanya sebatas tambahan bacaan untuk memperkaya penjelasan.

Buku bacaan: Hajar, Ibnu. (2011). Hypnoteaching. Jogjakarta: Diva Press.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :