PSIKOBLOGI

ngobrol ngalor ngidul dengan psikologi

Sistem Online PKM DIKTI 2012

diposting oleh ceplukim-fpsi10 pada 08 November 2012
di Program Kreativitas Mahasiswa - 2 komentar

Beda dari tahun-tahun sebelumnya. PKM kali ini punya sedikit perbaikan sistem yang baru. Salah satunya yang paling mencolok adalah sistem pendaftaran online (perbedaan lain-lainnya bisa dilihat di artikel keluaran terbaru: panduan pkm 2012). Sistem ini mengharuskan para pengaju PKM pendanaan 2013 harus 'sedikit' berepot-repot untuk mengisis semacam borang tentang proposal PKM yang diajukan.

 

Lebih jelasnya, alurnya adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mengajukan proposal berupa hard copy dan soft copy PKM.
  2. Lalu setiap kelompok PKM akan mendapatkan password dan user name yang digunakan untuk log in mengisi laman tentang PKM dari web dikti yang telah disediakan. (Setelah sebelumnya pihak universitas masing-masing mendaftarkan PKM-PKM tersebut ke dikti).
  3. Tahap pengisian dilakukan di web simlitabmas dikti yang telah disediakan. Gunakan password dan user name yang telah didapatkan untuk log in.
  4. Setelah itu isi laman yang telah disediakan.

 

Di dalam pengisian laman yang telah disediakan, pada kali ini pengaju diminta untuk mengisikan abstrak dari proposal yang diajukan. Semua pertanyaan harus diisi dengan baik dan benar, tidak boleh ada yang kosong. Langkah terakhir tidak lupa untuk meng-up-load proposal secara lengkap dalam bentuk PDF. Untuk lebih lengkapnya, panduan tentang pengisian laman PKM yang diajukan, saya sertakan panduannya ( klik di sini untuk download).

 

Berhubung sistem yang diterapkan ini masih dalam tahapan pengembangan, banyak kesalahan yang terjadi didalam pengisiannya. Hal ini menjadi perhatian bagi pihak universitas masing-masing untuk dapat lebih menyosialisasikan tata cara pengsisian dan pengunggahan proposal ke dikti. Karena jika terjadi kesalahan, maka proposal pun tidak dapat diajukan.

 

Beberapa kesulitan yang dihadapi dalam pengisian borang, khususnya di UNAIR:

a.Berdasarkan Fakta, UNAIR telah terdeteksi PKM yang masuk ke Dikti sebanyak 1000an, namun yg berhasil dg benar Unggahannya (Lengkap Identitasnya) hanyalah 40an PKM. Sehingga > 90 % PKM banyak yg Kurang Lengkap


d. Untuk Abstrak yg harus diisi, maximal terdiri dari 250 kata. Abstrak tidak perlu diberikan Judul PKMnya namun harus melengkapi Key Word maksimal 5 kata

e. Bagi PKM yg beranggotakan 3 Mahasiswa, pada kolom Daftar Anggota biodata Ketua Kelompok dilampirkan kembali. Bila tidak dilampirkan maka tidak dapat di Save. Untuk yang beranggotakan 4-5 mahasiswa, biodata ketua kelompok tidak perlu disertakan kembali

f. terjadi kesulitan dalam mengunggah PKM. Alternatifnya harus mencari waktu yg sekiranya Portal Dikti pada saat tsb sedikit Pengunjungnya. misalnya: saat malam hari/dini hari/pagi hari. Sehingga proses meng-Unggahnya bisa berjalan Cepat dan Lancar

g. Info terbaru : 1 Dosen bisa membimbing 10 PKM dan Mahasiswa dapat bebas mengusulkan PKM asal hanya 1 PKM yg menjadi Ketua Kelompok, yg PKM lainnya menjadi Anggota Kelompok. Dalam hal dosen pembimbing juga, terdapat perbaharuan, selain jumlah kelompok bimbingan yang lebih banyak, dalam pengajuan proposal digunakan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Berbeda dari tahun sebelumnya yang masih menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP). Suatau kejadian mencatat, bahwa ada NIDN seorang dosen pembimbing pada sauatu kelompok pengaju pkm yang NIDNnya tidak dikenali saat dimasukkan kedalam biodata dosen pembimbing. Hal ini menimbulkan persoalan yang rumit. Pengaju harus mengganti dosen pembimbing dengan NIDN yang dapat diterima. Permasalahannya, setelah dosen yang membimbing tersebut dimintai pendapatnya, koreksiannya, dan lain-lain, tiba-tiba saja harus diganti.
Masih banyak pembaharuan-pembaharuan lain yang sedang digalakkan oleh dikti terkait PKM ini untuk meningkatkan kualitas. Terlepas dari kesulitan-kesulitan yang di hadapi, anggaplah itu semua sebagai sebuah proses pembelajaran menuju ke arah yang lebih baik.

Tetap semangat buat para pejuang dan aktivis PKM, tunjukkan karya dan karsamu untuk Indonesia yang lebih baik. mari Berkontribusi.
#cep lukim.

 

2 Komentar

bernadete

pada : 02 October 2014


"pada saat saya upload proposal, waktu login terjadi pengulangan terus menerus meskipun sudah saya lakukan dimalam hari hasilnya tetap sama saat proses login kemudian muncul kembali ke beranda awal (home) mohon bantuannya terkai peng upload proposal pkm"


Dea Aprila Fransiska Vini

pada : 12 November 2016


"Kenapa terjadi kesalahan nama user dan password? Padahal sudah di isi sesuai un dn password yang diberikan."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :