PSIKOBLOGI

ngobrol ngalor ngidul dengan psikologi

Lebih Mengenal Kuliah Di Psikologi

diposting oleh ceplukim-fpsi10 pada 01 November 2012
di SerbaSerbi Kampus - 0 komentar

Psikologi merupakan aspek kejiwaan yang ada dalam setiap manusia. Dilihat dari katanya sendiri, kata 'psikologi' itu berasal dari bahasa Yunani Kuno yakni psyche = jiwa dan logos = ilmu. Secara bebas, psikologi dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Tetapi pada kenyataannya, psikologi tidak bisa mempelajari jiwa secara langsung, karena sifat jiwa yang abstrak. Sehingga psikologi membatasi pada manifestasi perilaku dan proses mental atau kegiatannya, yang kemudian psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental.

 

Fungsi dari ilmu psikologi mencakup tiga hal:

1. menjelaskan

2. memprediksi

3. pengendalian

 

Beberapa pembedaan antara ilmu psikologi dengan beberapa ilmu lainnya:

1. Psikologi vs Sosiologi

Kedua ilmu tersebut sama-sama melibatkan manusia dalam objek analisisnya. Hanya saja psikologi berfokus pada individu sebagai objek analisis. Berbeda dengan sosiologi yang memiliki objek analisis berupa komunitas.

 

2. Psikologi vs Psikiatri

Dua bidang ilmu yang berbeda, dan kadang masyarakat umum mengalamai kerancuhan dalam membedakannya. Secara jalur pendidikan, psikologi merupakan jalur tersendiri yang memiliki bidang dan spesialisasi tersendiri. Dilihat dari kelembagaan di Universitas, Psikologi berdiri sebagai Fakultas dan jurusan yang sama, yakni Psikologi. Gelar yang didapatkan pun bermula dari jenjang S1 yakni Sarjana Psikologi (S.Psi) yang jika dilanjutkan ke jenjang profesi sekaligus magister, akan memperoleh gelar Magister Psikologi dan Psikolog (M. Psi. Psi). Sedangkan Psikiatri  merupakan cabang dari program studi pendidikan dokter spesialisasi kesehatan jiwa. Gelar yang didapat berupa Psikiater.

Dari bidang treatment (penanganan) pasien klinis, psikolog lebih mengarahkan kepada bantuan penanganan masalah yang melibatkan diri klien itu sendiri dalam proses terapi. Sedangkan psikiater akan menanganinya diizinkan lebih ke arah pemberian obat-obatan. Namun antara psikologi dan psikiatri terjadi keterhubungan yang sangat erat.

 

Peminatan-Peminatan di Psikologi

Orang yang belum tahu, mungkin akan beranggapan bahwa psikologi identik dengan penanganan terhadap kelainan kejiwaan. Anggapan seperti itu memang tidak sepenuhnya salah, dan tidak sepenuhnya benar. Di Fakultas Psikologi Unair khusunya, ada empat peminatan yang dapat diambil oleh masing-masing mahasiswa:

1. Klinis

Merupakan peminatan yang lebih mengarah kepada klinis. Seperti penanganan terhadap klien-klien yang mengalami kelainan mental, konseling dan psikoterapi.Membahas proses analisis dan mendiagnosisi gangguan perilaku yang terkait dengan aspek psikologis, dnegan memakai pendekatan teori-teori psikologi dan mengenal metode-metode intervensinya.

2. Industri Organisasi

Peminatan yang banyak digemari karena menyangkut kepada ranah perusahaan. Banyak membahas pengembangan manusia dan perilaku manusia dalam konteks industri organisasi. Saluran pekerjaannya biasanya menjadi HRD di perusahaan-perusahaan.

 

3. Pendidikan Perkembangan

Membahas gambaran individu dalam dunia pendidikan,teori-teori dan konsep pendidikan dan perkembangan manusia semasa hidupnya.

4. Sosial

Lebih mengarah kepada analisis dan membuat rancangan teoritis intervensi perilaku sosial sebagai proses interaksi individu dengan lingkungan sosialnya seperti gambaran manusia dalam konteks sosial dan kelompok.

 

Peluang kerja

  1. Psikolog/konsultan di biro pelayanan jasa psikologi manajemen dan organisasi.
  2. Staf dan manajer di bagian pengembangan sumber daya manusia (SDM) pada berbagai perusahaan dan organisasi.
  3. Psikolog/asisten psikolog di Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Jiwa.
  4. Psikolog/asisten psikolog di lembaga lembaga pendidikan.
  5. Psikolog/asisten psikolog di Lembaga Psikologi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri).
  6. Psikolog/asisten psikolog di Lembaga lembaga pemerintahan.
  7. Tim kreatif di Biro-biro Advertising.
  8. Wirausahawan pada jasa pelayanan psikologi, manajemen dan organisasi.

 

Mengenal Lambang Psikologi

Lambang yang digunakan oleh psikologi adalah lambnag trisula (Ψ)

Diambil dari huruf ke-23 yunani, Psi (huruf besar Ψ, huruf kecil ψ), baik dalam bahasa yunani klasik maupu bahasa yunani moderen huruf ini melambangkan bunyi /ps/. Sedangkan penggunaan warna Ungu dalam lambang trisula karena dalam parapsychology, psikis yang mengklaim dapat melihat aura dengan mata batin mereka melaporkan bahwa pelaku ilmu hitam sering memiliki aura ungu.

Semoga Bermanfaat.... :)

 


Dari berbagai sumber, tulisan ini tidka dapat dijadikan sebagai rujukan referensi ilmiah

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :