PSIKOBLOGI

ngobrol ngalor ngidul dengan psikologi

Membongkar Rahasia di Balik PKM

diposting oleh ceplukim-fpsi10 pada 29 August 2012
di Program Kreativitas Mahasiswa - 5 komentar

Setelah vakum karena beberapa hal, kali ini ane hadirin lagi tulisan tentang PKM. Pada tulisan kali ini akan mengarah kepada bagaimana teknik ataupun tips and trik (bisa juga mengulik tentang rahasia) cara membuat PKM itu sendiri. so, nggak lama-lama deh langsung aja tariks jabrigs mang...

Secara garis besar, format penulisan proposal PKM agak berbeda dengan format penulisan skripsi. Namun secara umum, esensi dari penulisan tersebut adalah sama. Kalau skripsi harus runut dari bab I, bab II, dst. Kalau PKM lebih dimampatkan istilahnya. Tetapi di sinilah tantangan dari PKM. penulis dituntut untuk mengemukakan sesuatu secara jelas, efektif, dan efisien. Di dalam tulisan ini, ane nggak bakalan bahas secara keseluruhan dari format halaman depan sampai halaman terakhir, cuma mau bahas isi (content) dari PKM itu apa ajah dan hal-hal apa yang musti diperhatikan.

Format isi dari proposal PKM (dalam hal ini PKM lima bidang) ini secara keseluruhan berisi 12 sub bab, langsung aja ane bahas gan ya.

1. Judul

Judul ini ibarat ujung tombak dari PKM, istilahnya judul berperan sebagai first impression untuk menarik orang supaya tertarik kepada proposal yang kita buat. Karena memegang peran tersebut, pakai BRAND nama yang UNIK . Sebagai contoh, ngambil dari PKM ane yang pernah dibuat.

Judul PKM-K: "TULALIT” (Kartu Belajar Andal, Unik, dan Atraktif), cara pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia SMP yang mudah dan menyenangkan. 

PKM-GT: "Eco-Kids" Model Tempat Sampah sebagai Media Edukasi Pengelolaan Smapah pada Anak Usia Dini.

PKM-M" "BeMo KarMen" (Bengkel Moral Karang Menjangan) sebagai Sarana Pendidikan Moral Anak di Daerah Karang Menjangan , Kelurahan Mojo, Surabaya.

Atau bisa nyari inspirasi dari judul-judul PKM yang sudah lolos pendanaan (download di sini)

2. Latar Belakang Masalah

Hal kedua yaitu latar belakang, bagian ini mesti bener-bener diperhatikan. Berikut ane mau ngasih bocoran tentang bagaimana bikin latar belakang dari yang "KEREN" (ini berdasarkan tips and trick yang diberikan mas Dhanar  S.R.F mahasiswa TEKNIK SIPIL FTSP ITS angkatan 2008 yang 'langganan' juara dan masuk PIMNAS).

  • Awalai dengan permasalahan "BUESAR" berskala minimal nasional
  • Jangan lupa pake data yang up to date (ini hukumnya wajib ain)
  • tanyakan kepada sang ahli

3. Perumusan Masalah

Sesuai dengan ketentuan pembuatan perumusan masalah seperti pada umumnya (pilih 5w + 1 H)

4. Tujuan

Merupakan Resume dari latar belakang, tinggal menjawab latar belakang

5. Luaran yang Diharapkan

Luaran diusahakan berisi barang/karya yang dapat dihasilkan ----> lebih kepada hal-hal yang riel

6. Kegunaan/manfaat

Yakinkan ide yang diusulkan memberikan manfaat skala besar

7. Tinjauan Pustaka (buat PKM-P, PKM-T, sama PKM-KC)

     Gambaran Umum Rencana Usaha (buat PKM-K)

     Gambaran Umum Masyarakat Sasaran (buat PKM-M)

8. Metode Pelaksanaan

9. Jadwal Kegiatan

10. Rancangan Biaya

Buat rancangan biaya selogis mungkin, sesuaikan dengan kebutuhan pelaksanaan program.

11. Daftar Pustaka (PKM-T, KC, P)

12. Lampiran

 

Modal utama penulisan PKM itu ada dua, yaitu otak dan tangan. Ide yang segar sangat diperlukan sebagai modal utama menembus persaingan untuk mendapatkan tiket ke PIMNAS. Selain ide, keahlian merangkai kata-kata juga diperlukan. Untuk pemula, biasanya bisa mempelajari karya-karya dari para sang Juara. So, belajarlah dari para sang juara untuk 'mencuri' ilmunya.

 

#QUOTE: "Pelajari dan Belajarlah Kepada Sang Juara!"

5 Komentar

ali mushar

pada : 12 October 2012


"pembuatan proposal pkm adalah program dikti yang di mana mahasiswa di harapkan berkreatif dalam membuatnya sehingga menimbulkan inovasi baru demi kemajuan masyarakat."


Sinatul Wikoya

pada : 25 February 2015


"Pembuatan PKM merupakan kreativas mahasiswa, yang mana mahasiswa menjadi inovatif dan membuat hal-hal yang kreativ untuk manyelesaikan permasalahan yang ada dimasyarakat."


ahmad

pada : 05 June 2015


"Bismillah, semoga ane bisa bikin pkm."


Irfan Andriarto

pada : 24 June 2015


"Jadi gak sabar pengen nyicipi PKM :D
Maklum, mahasiswa baru bang :)
Oiya sekadar ngingetin bang, untuk link download yang 'judul-judul PKM yang sudah lolos pendanaan' saya coba udah mati link nya, coba diperbaiki deh biar rekan-rekan yang lain juga bisa terinspirasi :)"


Cep Lukim

pada : 30 July 2015


"Siapapun bisa dan mampu buat bikin PKM... tinggal tambahkan mau dan mulai melakukan saja. Untuk link memang sudah lama tidak diperbaiki, soalnya saya lupa password di Med**f*re nya.. :D"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :