PSIKOBLOGI

ngobrol ngalor ngidul dengan psikologi

Mencoba Mencicipi PKM

diposting oleh ceplukim-fpsi10 pada 29 August 2012
di Program Kreativitas Mahasiswa - 4 komentar

#QUOTE I

 

Sebenarnya nggak kepikiran ane jadi kecanduang buat nulis PKM (walaupun belum sekaliber yang udah sampai pimnas). Tapi bener kerasa banget nikmatnya bagi ane. Nikmatnya kerasa pas 'prosesnya' sama kalau udah ada hadiahnya hehehe... (yang kedua ane sebutin cuma bonus :D). Nulis PKM sekarang buat ane malah kayak jadi sebuh kebutuhan, sampe-sampe terpikir di dalam benak ane, di tahun 2012 ini setidaknya bisa menghasilkan 10 buah PKM (Semoga ya Allah... Aamiin T.T). Ane sekadar mau berbagi cerita aja dulu dalam tulisan awalan ini, dan semoga ke depannya kategori Program Kreativitas Mahasiswadi blog ane ini bisa terus diup-date. 

 

 

Di tahun 2010 dahulu, saat ane memutuskan buat kuliah di Universitas Airlangga jurusan Psikologi dan Alhamdulillahnya keterima 'walau' melalui jalur SNMPTN yang murah meriah... :D, Ane nggak tahu blas sama sekali dengan yang namanya karya tulis. Dahulu waktu SMA sebenarnya pernah buat karya tulis, sekadar buat memenuhi syarat kelulusan. Hasilnya bisa diterka, masih amburadul. Tapi lumayanlah dirapor akhir sekolah, hasilnya masih dapat B (entah itu objektif atau karena kebaikan sang Guru penguji). Ane lihat, karya tulis dari temen-temen ane jauh lebih bagus, malah ada yang dapat juara satu, dua, sama tiga di sebuah perlombaan karya tulis tingkat provinsi, subhanallah deh pokoknya!!

 

 

Dari sana ane langsung men-judge sama diri ane, kalo orang model ane kayak gini nggak jago bikin karya tulis. Intinya putus asa kayak gitu lah, nggak bagus emang. Nah, waktu ane masuk ke kampus, pas PPKMB (semacam ospek yang diadakan sama universitas) ada materi-materi PKM. Pastilah, ane nggak niat dengerin sama sekali, wong sejak dari SMA aja dulu ane rada-rada putus asa.

 

 

Parahnya lagi, di Fakultas ane Program Kreativitas Mahasiswa kurang begitu menggaung. Entah karena sosialisasinya kurang atau memang budayanya yang ogah buat bikin 'kayak gituan' atau apalah alasannya, yang jelas ane sama sekali kurang denger di semester awal masuk kuliah. Nah di sini ni awal ceritanya ane mulai jatuh hati ke namanya 'yayang' PKM... :D. Waktu itu BEM Fakultas baru aja terbentuk dan ngadain yang namanya open recruitment di tahun 2011, ane iseng-iseng daftar dan milih Departemen Keilmuan, dan nggak taunya diterima. Waktu itu Kadivnya namanya mbak Lilih Pamugarsari angkatan 2008.

 

 

Alhamdulillahnya, mbak Lilih ini salah satu dari sedikit orang di Fakultas ane yang aware sama yang namanya PKM dan aktifis PKM pula. Dari sana ane diajak buat gabung di salah satu kelompok PKM-GTnya, bersama dengan teman beliau, yaitu mas Ridwan Arifin (FKM 2008). Posisi ane waktu itu bener-bener nggak tahu apa-apa tentang PKM, nggak PD abis sama kemampuan, dan emang agak-agak nggak enak, mbok ya aku ini ikut kelompok tapi kontribusinya dikit banget... T.T INTILLERS (julukan buat orang-orang yang suka ngintil... :D) Sejati dah pokoknya...

 

 

Tetapi semenjak dari sana, ane mulai merasakan prosesnya. Nikmat banget rasanya. Ane juga mulai merasakan kepercayaan diri ane buat nulis 'yang berbau-bau ilmiah' mulai muncul. Satu hal yang membuat ane merasa beruntung kelompokkan sama Mbak Lilih dan Mas Ridwan, mereka itu ekspert dalam hal kayak ginian. Apalagi mas Ridwan sudah malang melintang dalam dunia ini, malah menjadikan PKM sebagai hobinya.

 

 

Mulai dari satu PKM-GT itulah, ane bertekad untuk buat PKM-PKM atau karya tulis ilmiah lainnya, dan Alhamdulillah di tahun yang sama tetapi untuk pendanaan 2012, dua PKM ane lolos pendanaan. Doakan ya gan, mudah-mudahan bisa lolos pimnas... T.T 

 

Jurus Pertama

#MENGINTIL-LAH KEPADA ORANG YANG AHLI, KELAK JIKA KAMU TELAH MENJADI AHLI MAKA KAMU AKAN MENJADI ORANG YANG DI-INTIL-LI

4 Komentar

talita

pada : 29 August 2012


"kang, gimana caranya buat bikin PKM ya? orang saya aja buat tulisan ga ada ilmiah-ilmiahnya. apalagi minder nih SMA masuk IPA eh pas kuliah masuk FISIP, secara pas SMA dipaksa ngitung, inget rumus dan parahnya semua ujian multiple choice. nah lah sekarang essay semua :(

mohon bantuannya kang"


Cep Lukim

pada : 03 September 2012


"Wah... masalahnya hampir sama ya kayak saya waktu dulu... hehehe.
banyak cara kok Tal (kamu bisa baca artiket saya yang ada di kategori PKM):
1. ya kamu bisa gabung sama orang yang sduah ahli bikin-bikin PKM,
2. Kamu bisa belajar dari karya-karya pkm sebelumnya. bisa minta soft copy pkm yang pernah lolos sebelumnya. Kalau misalkan mau saya ada beberapa pkm yang bisa dijadikan contoh. massage aja ke fb saya... :)
3. hilangkan pikiran "orang saya aja buat tulisan ga ada ilmiah-ilmiahnya." cz itu bisa jadi halangan buat kamu. PKM itu adalah bertim, jadi kalau misalkan kamu belum bisa nulis ilmiah, cari teman yang jago nulis-nulis ilmiah. Kamu bisa aja nyumbang ide, ato konsepnya... kayak gitu...

Sukses terus dan semangat buat Talita... :) "


widya

pada : 31 January 2014


"Bang bingung buat PKM ??
itu sebenarnya gimana ?? itu karya asli kita kan ?? addduhhh bingung ?
bisa minta tolong di ajarin gak ?? *kalau kagak keberatan sih *
:)"


Cep Lukim

pada : 03 March 2014


"Di dalam pembuatan PKM, jarang sekali ada yang mengirimkan karya asli yang bener-bener original. Kebanyakan adalah karya yang sudah ada tetapi dimodifikasi menjadi lebih kreatif lagi. Kalau mau bikin gampang kok... bermula dari kemampuanmu terlebih dahulu.. pasti bisa. :)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :