PSIKOBLOGI

ngobrol ngalor ngidul dengan psikologi

Buku: Dua Tangis dan Ribuan Tawa

diposting oleh ceplukim-fpsi10 pada 19 March 2012
di Buku - 0 komentar

dua tangis dan ribuan tawa

Judul Buku: Dua Tangis dan Ribuan Tawa

Pengarang: Dahlan Iskan

ISBN: 9786020011813

Harga: Rp64.800,00

Ukuran: 14 X 21 Cm

Cover: Soft Cover

Tebal: 364 halaman

Terbit: 02-Nov-11

Penerbit: PT Elex Media Komputindo-Jakarta

Tahun cetak: Cetakan ke-7 Januari, 2012

 

 

 

Beberapa tahun sebelumya, PLN adalah salah satu BUMN di negeri ini yang paling banyak mendapat hujatan dari masyarakat. Karena pelayanannya yang tidak prima kepada masyarakat. Seringkali masyarakat dihadapkan pada masalah biarpet. Bahkan kata biarpet itu sendiri telah menjadi kata baku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Mungkin tersinspirasi dari keadaan dimana kondisi listri yang sering menyala dan mati tersebut. Hal tersebut menjadikan citra buruk negatif bagi satu-satunya perusahaan penyedia layanan listrik di negeri ini.

 

Dahlan Iskan, adalah salah satu sosok yang tidak asing di mata publik nasional. Pemilik Jawa Pos ini beberapa tahun ke belakang diberikepercayaan oleh Presiden Susilo BY untuk menduduki jabatan CEO PLN. Pak Susilo BY memberikan kepercayaan tersebut dengan harapan permasalahan listrik nasional yang selalu menjadi bulan-bulanannya setiap kunjungan ke berbagai daerah , dapat tertatasi.

 

Buku Dua Tangis dan Ribuan Tawa ini merupakan kumpulan dari CEO Noted yang dibuat Pak DIS (Sebutan akrab untuk Dahlan Iskan), Sebanyak 32 CEO Noted. CEO Noted merupakan salah satu terobosan briliand yang dilakukan oleh Pak DIS untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di tubuh karyawan PLN.

 

Tutur kata yang disajikan di dalam buku ini terkesan ringan dan relatif mudah dicerna. Memberikan inspirasi-tidak hanya untuk para karyawan PLNnya saja. Akan tetapi bagi yang memaca buku tersebut. Kepiawaian Pak DIS dalam membawahi staffnya di PLN, dan juga keberhasilan-keberhasilan yang diraih terpapar di dalam buku ini. Kepiawaian tersebut juga tertuang dalam meramu tulisan ini, hal ini terlihat dari gaya bahasa yang digunakan terasa segar, analitik, dan terdapat sense of humor yang berkualitas.

 

Buku ini semakin menarik, karena banyak ilmu yang dapat didapat terkait dengan manajerial, bentuk  komunikasi juga bagaimana cara memanusiakan manusia. Banyak sekali perjalanan inspiratif dari kisah yang dikemukakan yang dapat dijadikan pelajaran.

 

Beberapa kelemahan dari buku ini adalah banyaknya istilah yang berkaitan dengan listrik. Sebagian orang yang kurang tahu menahu terkait dengan kelistrikan akan sangat bingung dalam memahaminya. Kendati beberapa istilah diperjelas dengan beberapa penjelasan, namun kebanyakan tidak. Hal tersebut membuat kurang nyaman saat membaca.   

 

Selain itu, ada beberapa bagian di dalam tulisannya yang penulis sendiri belum terlalu paham maksudnya. Perlu perhatian yang lebih seksama untuk menebak maksud tujuan tulisan Pak DIS ini.

 

Secara keseluruhan, buku ini memang diperuntukkan bagi mereka yang suka dengan dunia manajerial dan memberikan inspirasi bagi permasalahan-permasalahan perusahaan atau organisasi. Karena lebih dekat ke arah itu semua. Tutur bahasa enak dibaca dan inspiratif. Hanya saja perlu usaha untuk memahami beberapa istilah-istilah kelistrikan yang memang cukup banyak digunakan.

 

Rekomendasi untuk mahasiswa yang tidak apatis, yang suka berorganisasi, ataupun mereka yang memiliki kepentingan dalam manajerial. 

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :