PSIKOBLOGI

ngobrol ngalor ngidul dengan psikologi

Teroris, Muslim, dan Keterbelakangan

diposting oleh ceplukim-fpsi10 pada 17 March 2012
di Buah Pikiran - 0 komentar

Tulisan ini dibuat antara kesengajaan dan ketidaksengajaan, intinya saya merasa aneh saja ketika saya berseluncur di media maya. Saat saya mampir dari satu situs ke situs lain yang menyediakan layanan berita. Kesemuanya hampir memiliki kesamaan sudut pandang dalam memandang Umat Muslim.

Saya merasa ada ketidakadilan dalam penyuguhan berita terkait dengan umat Muslim dan Islam itu sendiri. Hampir di setiap media massa nasional maupun regional sepertinya tidak menempatkan proporsi berita antara hal yang positif maupun negatifnya. Semuanya kebanyakan menampilan sisi negatif dari islam itu sendiri. Suatu bentuk penyudutan mungkin?

Muslim saat ini telah tercitrakan oleh media sebagai "teroris dan keterbelakangan", dan mirisnya yang termakan pencitraan negatif tersebut adalah orang muslim itu sendiri. Sepertinya politik "divide et impera" ala penjajahan modern kali ini telah berhasil. Tidak jarang antara satu muslim dengan muslim lainnya saling "beradu-adu". Banyak hal yang diadukan, lihat saja 'jotos-jotosan'.

Saya cuma mau menghimbau buat diri saya sendiri, juga mungkin Anda juga. Jadilah seseorang yang dewasa dalam melihat fenomena dan realita. Jangan sampai kita memakan mentah-mentah apa yang diberitakan saat ini oleh media. Dan yang terpenting, mari kita hapus stigma negatif yang telah dilabelkan kepada umat muslim Indonesia khususnya.

 

*Tulisan ini hanya pendapat pemilik blog saja... 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :