PSIKOBLOGI

ngobrol ngalor ngidul dengan psikologi

Definisi-definisi. Menuju Kampus Madani

diposting oleh ceplukim-fpsi10 pada 19 January 2012
di SerbaSerbi Kampus - 0 komentar

“Kampus madani bukanlah hanya sekadar keadaan dimana semua muslim menjalankan ibadah dengan baik, tetapi lebih mendalam dari itu. Sebuah keadaan dimana Islam telah diterima oleh semua civitas academica baik muslim dan non-muslim. Islam telah menjadi sistem sosial dari kehidupan kampus.”

“Kawan, Kampus Madani bukan hanya sekedar tentang simbol-simbol islam yang terpampang dengan besar, melainkan adanya pembudayaan nilai-nilai islam kepada seluruh civitas academica. Ketika semua mahasiswa-tak pandang bulu baik muslim maupun bukan-memaknai menuntut ilmu secara syamil, maka salah satu mimpi kampus madani telah terwujud.”

“Kawan, kampus madani bukan berarti kita mendoktrin islam secara paksa kepada civitas academica. Kampus madani berarti adanya sebuah kebutuhan dan keinginan dari para civitas untuk mengenal islam dengan kesadaran diri. Pada akhirnya bila kita yakini yang terbaik, islam dapat menjadi pemersatu dari semua pemikiran yang ada.”

“Kawan, kampus madani tercermin dari teladan para da’inya dalam menjalankan kehidupan di kampus. Ia mnejadi teladan dan panutan secara sikap, ia mnejadi inspirator atas pemikirannya, dan ia berusaha memanfaatkan segala kondisi dan situasi untuk menyebarkan nilai islam yang sangat komperehensif.”

“Kawan, Kampus Madani adalah sebuah lingkungan yang penuh nilai islam di dalamnya, ketika islam bisa diterima oleh semua orang, bahkan yang berbeda agama. Mereka menikmati dan hidup bersama dalam kepemimpinan Islam di kampus.”

 

Disarikan dari buku “Menuju Kampus Madani” oleh Ridwansyah Yusuf Achmad. Diterbitkan oleh Ideasphere, Bandung.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :